STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971.

Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.

Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".

Pada Tahun 1994 jurusan Akuntansi S1 STIE Pasundan memperoleh kenaikan status akreditas menjadi "Diakui" dengan SK Mendikbud No. 37/DIKTI/KEP/1994. Tahun akademik 1994/1995 STIE Pasundan membuka Jurusan Manajemen Program S1 dengan status "Terdaftar".

Tanggal 15 Juni 1995 Status Akreditasi mengalami perubahan menjadi "Disamakan" dengan No.218/DIKTI/KEP/1995 dan untuk Diploma III dengan status "Diakui" dengan No. 204/DIKTI/KEP/1995 tertanggal 14 Juni 1995. Sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 361/DIKTI/KEP/1998 dan surat Kopertis No. 3094/O.04/PP/1998 maka pada tahun 1998 STIE Pas membuka program studi Akuntansi jenjang D.1 dan D.2

Dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, maka pemerintah melalui SK Mendikbud RI No. 0224/U/1995 membentuk Badan Akreditasi Nasional (BAN.PT) untuk melakukan akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi swasta yang bestatus Disamakan. Hasil Penilaian untuk jurusan Akuntansi S1 mendapatkan Status "TERAKREDITASI" dengan kualifikasi "C" melalui SK Mendikbud RI No. 78/D/O/1997, selanjutnya berdasarkan SK BAN PT No. 001/BAN-PT/AK-1/VII/1998.

Pada bulan Agustus 2013 Program Studi Akuntansi D3 mendapatkan kepercayaan dengan status Akreditasi B dengan SK No. 163/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dipl-III/VIII/2013.
Pada bulan Desember 2018, berdasarkan Keputusan BAN-PT No.3379/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2018, Program Studi Akuntansi D3 kembali mendapatkan kepercayaan dengan status Akreditasi B.

Download SK dan Sertifikat Akreditasi  

VISI

 “Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan Ahli Madya yang berjiwa Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Vokasi berkualitas yang berorientasi pada pembentukan  entrepreneur  dengan menggunakan kurikulum yang mutahir dan peka terhadap perkembangan Teknologi dan Industri. 
  2. Mengembangkan program penelitian dalam bidang akuntansi yang berguna bagi pengembangan entrepreneur.
  3. Memfasilitasi kajian-kajian Bidang Ilmu Akuntansi sesuai dengan Perkembangan Teknologi dan Industri.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan implementasi hasil penelitian bidang ilmu akuntansi yang berorientasi entrepreneur guna memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
  5. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
  6. Mengaplikasikan Ilmu Akuntansi sesuai dengan Perkembangan Teknologi dan Industri.
  7. Mengembangkan tatakelola dan pengelolaan administrasi yang transparan dan bertanggungjawab.
  8. Mengembangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam proses belajar mengajar yang kondusif.

(Setelah membaca Visi dan Misi ini mohon untuk mengisi Quesioner yang berkaitan dengan Visi dan Misi)

PROFIL LULUSAN

 

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL1

Teknisi Akuntansi Keuangan Madya

Teknisi yang mampu menguasai konsep teoritis mengenai akuntansi, mampu mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menyusun transaksi keuangan menjadi laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di perusahaan serta mampu menginterpretasikan hasil dari analisa laporan keuangan.

PL2

Entrepreneur

Profesi yang menerapkan konsep teori ekonomi di lapangan dengan membuka usaha mandiri dengan menjunjung tinggi nilai moral dan kejujuran berlandaskan nilai-nilai kesundaan dan keislaman 

PL3

Teknisi Perpajakan Madya

Profesi yang menerapkan teori perpajakan dalam membuat SSP, SPT tahunan orang pribadi maupun badan dan menginput PPN dan PPh di e-SPT

PL4

Teknisi Pemeriksaan Akuntansi Madya

Mampu membuka lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat, mampu secara mandiri untuk menjalankan usaha secara profesional, serta mampu menerapkan ilmu akuntansi pada usaha yang dijalankan 

 

 

Visi

 “Menjadi Program Studi Manajemen yang Unggul dalam Pengembangan Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”.

Misi

  1.  Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pembentukan entrepreneur dengan menggunakan kurikulum yang mutahir danpeka terhadap perkembangan yang terjadi.
  2. Mengembangkan program penelitian dalam bidang manajemen dan bisnis yang berguna bagi pengembangan entrepreneur.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan implementasi hasil penelitian bidang ilmu manajemen dan bisnis yang berorientasi entrepreneur guna memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
  4. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat/entrepreneur.
  5. Meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia sesuai dengan standar kualifikasi keilmuan dan bidang keahlian masing-masing.
  6. Mengembangkan tatakelola dan pengelolaan administrasi yang transparan dan bertanggungjawab.
  7. Mengembangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam proses belajar mengajar yang kondusif.

 

Profil Lulusan 

Profil Lulusan adalah deskripsi karakter, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah 3 – 5 tahun setelah lulus. Rumusan Profil Lulusan adalah sebagai berikut:

Lulusan program studi S1 Manajemen (S.M) berkualifikasi dalam mengaplikasikan ilmu manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen operasional yang berwawasan global dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan. Para lulusan diharapkan dapat bekerja sebagai:

Profil Lulusan Manajemen S1

No

Profil

Keterangan

1

Wirausaha

Lulusan Program Studi S1 Manajemen STIE Pasundan memiliki kemampuan sebagai wirausaha terutama dalam menyusun rencana bisnis, menjalankan bisnis dan memiliki sikap kreatif, serta daya inovasi yang tinggi.

2

Manajer tingkat pertama di bidang keahlian

Lulusan Program Studi S1 Manajemen STIE Pasundan memiliki kemampuan untukmelaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian (siklus POAC) pada bidang keahlian manajemen yang meliputi bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan.

a. Manajer di bidang Sumber Daya Manusia memiliki kemampuan analisis dan perencanaan SDM, proses rekrutmen, penyusunan rencana pelatihan dan pengembangannya sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan, serta mampu

memberikan motivasi.

b. Manajer di bidang Operasional memiliki kemampuan membuat desain produk,

perencanaan pasokan, menentukkan lokasi distribusi produk, rantai pasokan, proses produksi sampai evaluasi SDM terkait operasional. Secara keseluruhan mengelola input, proses dan output produk yang dihasilkan.

c. Manajer di bidang Pemasaran memiliki kemampuan untuk memahami dan

mengimplementasikan marketing dasar, terkait dengan kegiatan pembentukkan nilai,

pembentukkan penawaran pemasaran, proses penyampaian nilai kepada konsumen dan membentuk serta menjalankan upaya komunikasi pemasaran dalam upaya pengelolaan konsumen.

d. Manajer di bidang Keuangan memiliki pengetahuan dasar terkait pasar uang dan pasar modal, serta memiliki kemampuan pada sisi penganggaran, melakukan pencatatan transaksi keuangan, dan mampu melakukan pengambilan keputusan investasi.

 

3

Asisten peneliti

 

Lulusan Program Studi S1 Manajemen STIE Pasundan memiliki kemampuan untuk

menyusun desain penelitian, mengumpulkan dan melakukan tabulasi data, mengolah serta melakukan interpretasi data dalam cakupan kegiatan penelitian.

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan 

 

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 1

Sikap

 

S1

bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

S2

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

 

S3

berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

S4

berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

 

S5

menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

 

S6

bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

 

S7

taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

 

S8

menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

 

S9

menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

S10

menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

 

S11

menginternalisasi akhlakul karimah untuk menjadi insan kamil;

 

S12

menunjukan kemauan untuk mengembangkan wawasan, ilmu pengetahuan agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

S13

menunjukan sikap saling menyayangi dan mengayomi dalam berkehidupan bermasyarakat

 2

Keterampilan Umum

 

KU1

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

 

KU2

mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

 

KU3

mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

 

KU4

 mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

KU5

mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

 

KU6

mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

 

KU7

mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

 

KU8

mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

 

KU9

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

KU10

mampu berkomunikasi dengan efektif, dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.

 3

Keterampilan Khusus

 

KK1

mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;

 

KK2

 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang manajemen (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) melalui pendekatan monodisipliner dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;

 

KK3

Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang manajemen (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) sesuai keahliannya di organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;.

 

KK4

Mampu beradaptasi dengan responsif pada kondisi lingkungan dengan kemampuan cognitive agility yang dimiliki sesuai dengan bidang keilmuan dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;;

 

KK5

 Mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan berpikir kritis yang mendorong pada proses berpikir kreatif sesuai dengan bidang keahliannya (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;.

 

KK6

 Mampu mengembangkan kemampuan dibidang digital secara cerdas yang terkait dengan bidang keahliannya (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;

 

KK7

Mampu berkomunikasi secara efektif, dalam menyampaikan konsep yang dimiliki dan menerima pendapat dari pihak lain untuk dapat membentuk persepsi bersama dalam upaya menemukan solusi terbaik di bidang keahliannya (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial.

 4

Pengetahuan

 

P1

Menguasai konsep teori dalam ilmu manajemen dan menerapkannya dalam berbagai tipe organisasi baik bisnis maupun non bisnis pada tingkat lokal, nasional dan global serta dalam aktivitas entrepreneurial;

 

P2

Menguasai metodologi penelitian dalam ilmu manajemen;

 

P3

Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai tipe organisasi.

 

P4

Menguasai konsep dasar tentang perbankan dan dapat menerapkannya di dalam berbagai tipe bisnis dengan nasional dan internasional serta pada aktivitas entrepreneurial.

 

 

 

Download SK dan Sertifikat Akreditasi 

STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971.

 

Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.

 

Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988  dengan Status "Terdaftar".

 

Pada tahun akademik 1999/2000 STIE Pas mengajukan kembali status akreditasi untuk jurusan manajemen dan akuntansi, hasilnya untuk jurusan Manajemen mendapatkan status "Terakreditasi" kualifikasi "B" dengan SK BAN PT.Depdikbud RI No. 008/BAN-PT/MJ-IV/VI/2000.

 

Pada tanggal 19 Mei 2007, Program Manajemen S1 Diakreditasi Kembali dengan memperoleh status terakreditasi B berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi N0. 010/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007

Pada 9 Januari 2018 Mendapatkan status Reakreditasi dengan kualifikasi "B" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No : 269/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018.

 

Download SK dan Sertifikat Akreditasi  

Visi  Program Studi Akuntansi :

“Menjadi Program Studi Akuntansi yang Unggul dalam Pengembangan Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”.

Misi Program Studi Akuntansi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pembentukan  entrepreneur  dengan menggunakan kurikulum yang mutahir dan peka terhadap perkembangan yang terjadi.
  2. Mengembangkan program penelitian dalam bidang akuntansi yang berguna bagi pengembangan entrepreneur..
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan implementasi hasil penelitian bidang ilmu akuntansi yang berorientasi entrepreneur guna memberdayakan masyarakat.
  4. Melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat.
  5. Meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia sesuai dengan standar kualifikasi keilmuan dan bidang keahlian masing-masing.
  6. Mengembangkan tatakelola dan pengelolaan administrasi yang transparan dan bertanggungjawab.
  7. Mengembangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam proses belajar mengajar yang kondusif.

 

Setelah membaca Visi dan Misi ini mohon untuk mengisi Quesioner yang berkaitan dengan Visi dan Misi

 

STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971. Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".

A k r e d i t a s i
  1. Pada tanggal 18 Januari 1988 PS Akuntansi memperoleh status Terdaftarar berdasarkan SK Mendikbud No. 028/0/1988.
  2. Pada Tanggal 28 Januari 1994 PS Akuntansi memperoleh status Diakui berdasarkan SK Depdikbud No. 37/DIKTI/Kep/1994.
  3. Pada Tanggal 15 Juni 1995 PS Akuntansi memperoleh status Disamakan berdasarkan SK Depdikbud No. 218/DIKTI/Kep/1995.
  4. PS Akuntansi pada tanggal 11 Agustus 1998 memperoleh status Akreditasi dengan kualifikasi C melalui SK BAN-PT Depdiknas No. 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998.
  5. PS Akuntansi pada tanggal 10 Agustus 2000 memperoleh status Akreditasi dengan kualifikasi B melalui SK BAN-PT Depdiknas No. 020/BAN-PT/Ak-IV/VIII/2000
  6. PS Akuntansi pada tanggal 3 Agustus 2007 memperoleh status Akreditasi dengan kualifikasi B melalui SK BAN-PT Depdiknas No. 016/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007
  7. PS Akuntansi pada  September 2013 memperoleh status Akreditasi dengan kualifikasi B melalui SK BAN-PT Depdiknas No. 184/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013

 

PROFIL LULUSAN

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL1

Akuntan Internal

Mempunyai sikap profesional, menguasai bidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi dan Pajak yang bekerja di perusahaan serta mampu menganalisa aktivitas bisnis perusahaan profit maupun non profit dengan menginternalisasi kejujuran, peduli dan bertanggung jawab.

PL2

Auditor Internal

Mempunyai sikap profesional, menguasai bidang Audit yang bekerja di Perusahaan, yang mampu menganalisa aktivitas bisnis perusahaan profit maupun non profit, sesuai dengan Standar Profesi Audit yang menginternalisasi  nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab

PL3

Konsultan (di bidang Sistem Informasi, Perpajakan, Akuntansi maupun manajemen)

 

Mempunyai sikap profesional, menguasai bidang Akuntansi dan Pajak yang bekerja di Kantor Konsultan Pajak dan Konsultan Jasa Akuntansi yang mampu menganalisa aktivitas bisnis perusahaan profit maupun non profit, sesuai dengan Standar Profesi Konsultan Pajak dan Standar Profesi Akuntan, yang menginternalisasi  nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab.

PL4

Enterpreuneur

Mampu membuka lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat, mampu secara mandiri untuk menjalankan usaha secara profesional, serta mampu menerapkan ilmu akuntansi pada usaha yang dijalankan 

 

Pengunjung

We have 629 guests and no members online

© 2016 STIE Pasundan. All Rights Reserved.