STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971.
Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.
Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".
Pada Tahun 1994 jurusan Akuntansi S1 STIE Pasundan memperoleh kenaikan status akreditas menjadi "Diakui" dengan SK Mendikbud No. 37/DIKTI/KEP/1994. Tahun akademik 1994/1995 STIE Pasundan membuka Jurusan Manajemen Program S1 dengan status "Terdaftar".
Tanggal 15 Juni 1995 Status Akreditasi mengalami perubahan menjadi "Disamakan" dengan No.218/DIKTI/KEP/1995 dan untuk Diploma III dengan status "Diakui" dengan No. 204/DIKTI/KEP/1995 tertanggal 14 Juni 1995. Sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 361/DIKTI/KEP/1998 dan surat Kopertis No. 3094/O.04/PP/1998 maka pada tahun 1998 STIE Pas membuka program studi Akuntansi jenjang D.1 dan D.2
Dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, maka pemerintah melalui SK Mendikbud RI No. 0224/U/1995 membentuk Badan Akreditasi Nasional (BAN.PT) untuk melakukan akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi swasta yang bestatus Disamakan. Hasil Penilaian untuk jurusan Akuntansi S1 mendapatkan Status "TERAKREDITASI" dengan kualifikasi "C" melalui SK Mendikbud RI No. 78/D/O/1997, selanjutnya berdasarkan SK BAN PT No. 001/BAN-PT/AK-1/VII/1998.
Pada bulan Agustus 2013 Program Studi Akuntansi D3 mendapatkan kepercayaan dengan status Akreditasi B dengan SK No. 163/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dipl-III/VIII/2013.
Pada bulan Desember 2018, berdasarkan Keputusan BAN-PT No.3379/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2018, Program Studi Akuntansi D3 kembali mendapatkan kepercayaan dengan status Akreditasi B.
Download SK dan Sertifikat Akreditasi
VISI
“Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan Ahli Madya yang berjiwa Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”
MISI
(Setelah membaca Visi dan Misi ini mohon untuk mengisi Quesioner yang berkaitan dengan Visi dan Misi)
PROFIL LULUSAN
No |
Profil Lulusan (PL) |
Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 |
Teknisi Akuntansi Keuangan Madya |
Teknisi yang mampu menguasai konsep teoritis mengenai akuntansi, mampu mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menyusun transaksi keuangan menjadi laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di perusahaan serta mampu menginterpretasikan hasil dari analisa laporan keuangan. |
PL2 |
Entrepreneur |
Profesi yang menerapkan konsep teori ekonomi di lapangan dengan membuka usaha mandiri dengan menjunjung tinggi nilai moral dan kejujuran berlandaskan nilai-nilai kesundaan dan keislaman |
PL3 |
Teknisi Perpajakan Madya |
Profesi yang menerapkan teori perpajakan dalam membuat SSP, SPT tahunan orang pribadi maupun badan dan menginput PPN dan PPh di e-SPT |
PL4 |
Teknisi Pemeriksaan Akuntansi Madya |
Mampu membuka lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat, mampu secara mandiri untuk menjalankan usaha secara profesional, serta mampu menerapkan ilmu akuntansi pada usaha yang dijalankan |
Visi
“Menjadi Program Studi Manajemen yang Unggul dalam Pengembangan Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”.
Misi
Profil Lulusan adalah deskripsi karakter, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah 3 – 5 tahun setelah lulus. Rumusan Profil Lulusan adalah sebagai berikut:
Lulusan program studi S1 Manajemen (S.M) berkualifikasi dalam mengaplikasikan ilmu manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen operasional yang berwawasan global dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan. Para lulusan diharapkan dapat bekerja sebagai:
Profil Lulusan Manajemen S1
No |
Profil |
Keterangan |
1 |
Wirausaha |
Lulusan Program Studi S1 Manajemen STIE Pasundan memiliki kemampuan sebagai wirausaha terutama dalam menyusun rencana bisnis, menjalankan bisnis dan memiliki sikap kreatif, serta daya inovasi yang tinggi. |
2 |
Manajer tingkat pertama di bidang keahlian |
Lulusan Program Studi S1 Manajemen STIE Pasundan memiliki kemampuan untukmelaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian (siklus POAC) pada bidang keahlian manajemen yang meliputi bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan. a. Manajer di bidang Sumber Daya Manusia memiliki kemampuan analisis dan perencanaan SDM, proses rekrutmen, penyusunan rencana pelatihan dan pengembangannya sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan, serta mampu memberikan motivasi. b. Manajer di bidang Operasional memiliki kemampuan membuat desain produk, perencanaan pasokan, menentukkan lokasi distribusi produk, rantai pasokan, proses produksi sampai evaluasi SDM terkait operasional. Secara keseluruhan mengelola input, proses dan output produk yang dihasilkan. c. Manajer di bidang Pemasaran memiliki kemampuan untuk memahami dan mengimplementasikan marketing dasar, terkait dengan kegiatan pembentukkan nilai, pembentukkan penawaran pemasaran, proses penyampaian nilai kepada konsumen dan membentuk serta menjalankan upaya komunikasi pemasaran dalam upaya pengelolaan konsumen. d. Manajer di bidang Keuangan memiliki pengetahuan dasar terkait pasar uang dan pasar modal, serta memiliki kemampuan pada sisi penganggaran, melakukan pencatatan transaksi keuangan, dan mampu melakukan pengambilan keputusan investasi.
|
3 |
Asisten peneliti
|
Lulusan Program Studi S1 Manajemen STIE Pasundan memiliki kemampuan untuk menyusun desain penelitian, mengumpulkan dan melakukan tabulasi data, mengolah serta melakukan interpretasi data dalam cakupan kegiatan penelitian.
|
Capaian Pembelajaran Lulusan
No |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
|
1 |
Sikap |
|
|
S1 |
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
S2 |
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
S3 |
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
S4 |
berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
S5 |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
S6 |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
S7 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
S8 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
S9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
S10 |
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
|
S11 |
menginternalisasi akhlakul karimah untuk menjadi insan kamil; |
|
S12 |
menunjukan kemauan untuk mengembangkan wawasan, ilmu pengetahuan agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. |
|
S13 |
menunjukan sikap saling menyayangi dan mengayomi dalam berkehidupan bermasyarakat |
2 |
Keterampilan Umum |
|
|
KU1 |
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
|
KU2 |
mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
|
KU3 |
mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
|
KU4 |
mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
|
KU5 |
mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
|
KU6 |
mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
|
KU7 |
mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
|
KU8 |
mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
KU9 |
mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
|
KU10 |
mampu berkomunikasi dengan efektif, dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. |
3 |
Keterampilan Khusus |
|
|
KK1 |
mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial; |
|
KK2 |
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang manajemen (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) melalui pendekatan monodisipliner dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial; |
|
KK3 |
Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang manajemen (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) sesuai keahliannya di organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;. |
|
KK4 |
Mampu beradaptasi dengan responsif pada kondisi lingkungan dengan kemampuan cognitive agility yang dimiliki sesuai dengan bidang keilmuan dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;; |
|
KK5 |
Mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan berpikir kritis yang mendorong pada proses berpikir kreatif sesuai dengan bidang keahliannya (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial;. |
|
KK6 |
Mampu mengembangkan kemampuan dibidang digital secara cerdas yang terkait dengan bidang keahliannya (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial; |
|
KK7 |
Mampu berkomunikasi secara efektif, dalam menyampaikan konsep yang dimiliki dan menerima pendapat dari pihak lain untuk dapat membentuk persepsi bersama dalam upaya menemukan solusi terbaik di bidang keahliannya (MSDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan) dalam organisasi baik perusahaan maupun dalam aktivitas entrepreneurial. |
4 |
Pengetahuan |
|
|
P1 |
Menguasai konsep teori dalam ilmu manajemen dan menerapkannya dalam berbagai tipe organisasi baik bisnis maupun non bisnis pada tingkat lokal, nasional dan global serta dalam aktivitas entrepreneurial; |
|
P2 |
Menguasai metodologi penelitian dalam ilmu manajemen; |
|
P3 |
Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai tipe organisasi. |
|
P4 |
Menguasai konsep dasar tentang perbankan dan dapat menerapkannya di dalam berbagai tipe bisnis dengan nasional dan internasional serta pada aktivitas entrepreneurial. |
Download SK dan Sertifikat Akreditasi
STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971.
Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.
Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".
Pada tahun akademik 1999/2000 STIE Pas mengajukan kembali status akreditasi untuk jurusan manajemen dan akuntansi, hasilnya untuk jurusan Manajemen mendapatkan status "Terakreditasi" kualifikasi "B" dengan SK BAN PT.Depdikbud RI No. 008/BAN-PT/MJ-IV/VI/2000.
Pada tanggal 19 Mei 2007, Program Manajemen S1 Diakreditasi Kembali dengan memperoleh status terakreditasi B berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi N0. 010/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007
Pada 9 Januari 2018 Mendapatkan status Reakreditasi dengan kualifikasi "B" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No : 269/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018.
Download SK dan Sertifikat Akreditasi
Visi Program Studi Akuntansi :
“Menjadi Program Studi Akuntansi yang Unggul dalam Pengembangan Entrepreneur yang Berlandaskan Nilai Kesundaan dan Nilai Keislaman pada Tahun 2030 di Tingkat Nasional”.
Misi Program Studi Akuntansi:
Setelah membaca Visi dan Misi ini mohon untuk mengisi Quesioner yang berkaitan dengan Visi dan Misi
STIE Pasundan dahulu adalah Akademik Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) yang merupakan suatu lembaga dibawah naungan Yayasan Tinggi Pasundan dan Kopertis Wilayah IV yang didirikan pada tanggal 3 Mei 1971 dengan membuka jurusan Akuntansi program D3 dengan surat keputusan dari Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 226/DPT/B/1971. Pada tanggal 27 Desember 1984 AIK-PAS berubah nama menjadi Akademik Akuntansi Pasundan (A2Pas) dengan SK Menteri No.0637/0/1984 pada jurusan Akuntansi Program D3.Tahun akademik 1986/1987 Berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan (STIEPAS) dengan membuka 2 program yaitu S1 dan Diploma III pada jurusan Akuntansi dengan keputusan Menteri Pendididikan dan kebudayaan No. 028/01988 dengan Status "Terdaftar".
PROFIL LULUSAN
No |
Profil Lulusan (PL) |
Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 |
Akuntan Internal |
Mempunyai sikap profesional, menguasai bidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi dan Pajak yang bekerja di perusahaan serta mampu menganalisa aktivitas bisnis perusahaan profit maupun non profit dengan menginternalisasi kejujuran, peduli dan bertanggung jawab. |
PL2 |
Auditor Internal |
Mempunyai sikap profesional, menguasai bidang Audit yang bekerja di Perusahaan, yang mampu menganalisa aktivitas bisnis perusahaan profit maupun non profit, sesuai dengan Standar Profesi Audit yang menginternalisasi nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab |
PL3 |
Konsultan (di bidang Sistem Informasi, Perpajakan, Akuntansi maupun manajemen)
|
Mempunyai sikap profesional, menguasai bidang Akuntansi dan Pajak yang bekerja di Kantor Konsultan Pajak dan Konsultan Jasa Akuntansi yang mampu menganalisa aktivitas bisnis perusahaan profit maupun non profit, sesuai dengan Standar Profesi Konsultan Pajak dan Standar Profesi Akuntan, yang menginternalisasi nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab. |
PL4 |
Enterpreuneur |
Mampu membuka lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat, mampu secara mandiri untuk menjalankan usaha secara profesional, serta mampu menerapkan ilmu akuntansi pada usaha yang dijalankan |
We have 760 guests and no members online